Select Page


PSDVN – CNC machining center sendiri merupakan salah satu jenis mesin cnc yang banyak digunakan dalam proses manufacturing atau kreatif desain.

CNC merupakan singkatan dari Computer Numerical Control yaitu mesin yang digunakan untuk proses manufacturing. CNC Machining center dapat melakukan proses machining apa saja, misalnya proses drilling, milling, boring, tapping, serta beberapa proses lainnya.

Unsur Penting Pada Mesin CNC

Linear Axis, merupakan sumbu yang bergerak secara linear. Biasanya mesin machining center mempunyai 3 sumbu linear, yaitu X,Y dan Z axis. Pergerakan dari 3 sumbu tersebut adalah orthogonal.

Rotation Axis, merupakan sumbu yang bergerak secara rotary (berputar). Pergerakan putar bisa di lakukan 1⁰ , untuk mesin Machining center tipe terbaru bisa di gerakkan 0.1⁰ . sedangkan kepresisian gerakan rotari axis umumnya 0.001⁰.

Automatic Pallet Change (APC)
APC merupakan singkatan dari Automatic Pallet change. Artinya penggantian pallet di lakukan secara otomatis. Untuk proses APC, harus ada 2 pallet, 1 pallet berada di dalam mesin cnc dan yang lain ada di luar mesin.

Untuk pallet yang berada di luar mesin di gunakan untuk memasang dan setting benda kerja yang belum di proses, sedangkan pallet yang ada di dalam mesin di gunakan untuk memproses benda kerja.

Cutting Tool

  • Cutting tool adalah alat atau perkakas yang di gunakan untuk membentuk proses machining.
  • Drill (mata bor)
  • Tap
  • Cutter
  • Milling
  • End Mill

Magazine Tool, merupakan tempat parkir cutting tool, semua cutting tool yang di gunakan dalam proses pada machining center di simpan dalam magazine ini.

Spindle, merupakan alat pemegang cutting tool untuk melakukan proses. Spindle dapat di putar sesuai dengan yang di inginkan, namun kecepatan maksimal putaran sesuai dengan spek dari motor spindle yang di gunakan.

Contoh spindle mesin cnc: 3,2 kw, 9 kw, dll.

ATC arm, berfungsi untuk proses pergantian tool, dimana arm mengambil cutting tool yang ada di magazine dan Tool yang ada di Spindle di taruh ke magazine.

Proses pergantian tool dapat di lakukan secara manual, MDI (Manual data Input) maupun secara otomatis yang di sebut dengan istilah ATC (Automatic Tool Change).

Automatic Tool Change, sebagai penggantian tool secara otomatis, proses ATC secara simple adalah sebagai berikut:

  • Magazine menyiapkan tool yang akan di pindahkan ke area spindle.
  • Arm ATC mengambil tool dari magazine dan meletakkan tool tersebut ke spindle.
  • Jika pada spindle sebelumnya terdapat tool, maka tool yang ada di spindle di pindahkan ke port magazine sesuai dengan alamat sebelumnya.

Lubrication System, pada suatu proses machining sistem pelumasan adalah bagian yang sangat penting , system pelumasan yang baik sangat membantu mengurangi breakdown mesin akibat ke-aus-an pemakaian.

Sistem lubrikasi otomatis dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan “cara manual pelumasan” sehingga lebih mudah dipantau dan lebih aman.

Point Penting Dari Mesin CNC Router

Mesin CNC XYZ

CNC

Mesin CNC Router juga sebenarnya memiliki 3 Fungsi yang sama, yaitu untuk Memotong (Cutting), Meng Grafir (Engraving) dan Memberi Marka (Marking).

Bedanya, dalam pengerjaan cutting – engraving – marking, mesin CNC Router menggunakan mata bor yang dipasang di kepala motor spindle yang bisa bergerak secara Otomatis.

Sebagai alat untuk cutting, engraving, marking, mata bor bisa diganti sesuai dengan kebutuhan, dengan berbagai macam jenis mata bor yang ada di pasaran.

Mesin CNC Router menggunakan mata bor yang suatu saat bisa aus (tumpul), atau bahkan tatah apabila digunakan melebihi penggunaan wajar.

Dalam pengerjaan material yang berbeda, penggunaan mata bor atau bits juga harus disesuaikan juga, misalkan untuk memotong media kayu, mnggunakan mata bor khusus untuk cutting kayu.

Untuk melakukan grafir (engraving) juga tersedia mata bor yang berbeda juga, secara kualitas mata bor juga terdapat beberapa macam tingkat kekerasan, mulai dari Jenis HSS, Carbid, dll.

Baca juga: Mesin Laser Cutting

Contoh bahan yang dapat dikerjakan menggunakan mesin cnc router antara lain:

  • Acrylic : Cutting dan Engraving
  • Kayu : Cutting dan Engraving
  • Keramik : Engraving saja
  • MDF : Cutting dan Engraving
  • Aluminium Composite Panel (ACP / Alucobond) : Cutting saja
  • Aluminium Casting : Cutting dan Engraving
  • Kuningan, Tembaga : Cutting dan Engraving
  • Galvalum / Galvanize : Cutting saja
  • Stainless Steel : Cutting saja
  • DLL

Jenis Usaha Yang Dapat Mempergunakan Mesin CNC

  1. Advertising : Pembuatan Signage, Panel ACP Alucobond, Media Promosi dan Informasi, dll.
  2. Mebel / Interior / Furniture : Pembuatan Ukir ukiran Mebel, Panel Kayu, Triplek, MDF untuk Dekorasi, Mebel, Interior dan Eksterior sesuai dengan Kreatifitas.
  3. Pabrik Manufacturing : Membuat Matras Molding (Die Casting), Sparepart, Peralatan Mesin, Labelling, dll.
  4. Bengkel Workshop : Jasa Cutting dan Grafir untuk berbagai Material
  5. Industri / UKM : Grafir , Grafir Keramik (Nisan), Jasa Cutting dan Grafir, Pembuatan Souvenir Merchandise, Usaha Kreatif lainnya, dll

Penutup

Apabila membutuhkan dan berniat untuk membeli jenis mesinini, ada baiknya untuk melihat demo mesin tersebut secara langsung. Dan akan lebih baik ke tempat customer yang sudah menggunakan mesin yang diinginkan.

Karena dengan melihat langsung pada customer dari merk yang dimaksud akan lebih fair, dapat terlihat bagaimana kinerja mesin tersebut pada saat melakukan proses produksi.

Untuk informasi lebih jelas, atau keterangan lebih lengkap mengenai mesin cnc router ini, bisa menghubungi kami langsung melalui kontak yang tersedia.

  • CNC
5
error: Content is protected !!

Pin It on Pinterest

Share This