Select Page


PSDVN – Mesin digital printing indoor yang menggunakan jenis tinta ecosolvent biasanya digunakan untuk print pada bahan sticker. Lalu banyak juga untuk cetak pada bahan albatros atau luster, untuk pembuatan x banner, y banner, dll.

Printer ecosolvent ini memiliki lebar area cetak yang mencapai 1,6 meter, dan ada banyak brand tersedia di Indonesia. Sebagian besar brand yang ada ini merupakan brand asal China, lalu kemudian ada brand asal Jepang.

Pada usaha jasa digital printing sendiri sudah banyak yang menggunakan mesin ini, karena harganya lebih murah dari printer outdoor. Dan proses pengoperasiannya sendiri cukup mudah, yang lebih sulit adalah setting gambar yang ingin di print.

Mesin Digital Printing Indoor Ecosolvent

Mesin digital printing indoor sendiri ada juga yang menggunakan tinta dye dan pigment, namun lebih sedikit penggunanya. Karena daya tahan dan hasil cetaknya tidak sebagun yang menggunakan jenis tinta ecosolvent.

Printhead dari printer indoor ini mayoritas menggunakan printhead Epson, baik itu Epson DX5 ataupun DX7. Sekarang sudah banyak yang yang menyediakan mesin indoor ini dengan alternatif penggunaan printhead yang berbeda.

Pilihan penggunaan printhead selain Epson sendiri ada XAAR, Toshiba, Panasonic, dll. Masing-masing memiliki kelebihan serta kekurangannya tersendiri, dari segi kecepatan maupun hasil cetaknya. Daya tahan dari setiap jenis printhead tsersebut juga berbeda, meskipun ada pengaruh dari cara perawatannya.

Mesin printing ecosolvent yang menggunakan printhead XAAR memiliki kemampuan yang lebih baik dari Epson. Dari segi kecepaatan cetaknya sendiri juga terlihat perbedaannya, begitu juga hasil print jika dilihat lebih jelas. Contoh brand yang menggunakan printhead XAAR adalah mesin digital printing Xuli.

Mayoritas yang menggunakan printer indoor memang untuk cetak bahan sticker, menjadi mesin printing sticker. Pada jasa stripping atau branding kendaraan sebagai sarana iklan, hampir semua menggunakan jenis printer ini. Yang hasil cetaknya kemudian dilakukan finishing lagi dengan cara di laminasi.

Meskipun tetap bisa digunakan sebagai mesin cetak banner pada bahan flexi, namun hasilnya tidak terlalu maksimal. Karena lebar bahan flexi sendiri adalah 3,2 meter, harus di potong terlebih dahulu jika di print dengan mesin indoor ini.

Kecuali jika bahan flexi tersebut memang sudah sesuai dengan ukuran bahan masuk dari printernya. Karena terkadang ada juga yang menjual bahan tersebut menyediakan juga jasa potongnya.

Baca juga: Mesin Digital Printing Outdoor Untuk Cetak Banner

Harga Mesin Digital Printing Indoor Ecosolvent

Harga mesin digital printing indoor brand asal China dan Jepang jika dibandingkan selisihnya bisa mencapai lebih dari 50 jutaan. Sebagai contoh, untuk brand Xuli harganya yang menggunakan printhead Epson DX5 adalah 100 jutaan.

Bandingkan dengan brand asal Jepang yang harganya sudah mencapai 170 jutaan dengan mesin yang menggunakan printhead sama. Dari segi hasil cetak juga tidak berbeda jauh, bahkan sulit dibandingkan secara kasat mata.

Harga tinta ecosolvent sendiri untuk printhead Epson mencapai 360 ribu/liter, dan untuk printhead XAAR mencapai 460 rb/liter. Dibandingkan dengan tinta solvent untuk printer outdoor memang lebih tinggi, karena tinta printer outdoor dijual pergalon yang berisi 5 liter.

Itu juga salah satu alasan kenapa printer indoor ini tidak tepat jika digunakan untuk cetak banner. Karena cost produksinya yang lebih tinggi, berbeda jika digunakan untuk print sticker. Karena harga jual sticker printing yang masih lebih bagus dibandingkan dengan banner.

Demikian informasi mengenai mesin digital printing indoor ecosolvent ini, semoga dapat membantu dan menambah wawasan. Jika berminat untuk membeli jenis printer ini, bisa menghubungi kami langsung melalui kontak yang tersedia.

  • Printer Ecosolvent
5
error: Content is protected !!

Pin It on Pinterest

Share This