Select Page


PSDVN – Mesin digital printing outdoor adalah salah satu jenis large format printer, yang menggunakan tinta solvent. Ini merupakan printer yang termasuk paling banyak digunakan pada bidang usaha digital printing.

Penggunaan dari printer ini lebih di khususkan untuk cetak banner dengan menggunakan bahan flexi, meskipun bisa untuk cetak bahan lainnya. Memiliki ukuran lebar area cetak yang cukup besar, yakni mencapai 3,2 meter.

Ada banyak merk tersedia di Indonesia, dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dan mayoritas merk yang ada ini merupakan produk asal China, mungkin mencapai 90% penggunanya menggunakan brand China.

Mesin Digital Printing Outdoor Cetak Banner

Mesin digital printing outdoor memang lebih tepat digunakan untuk cetak banner, karena labar area cetaknya tersebut. Lalu juga karena cost produksinya yang lebih murah, jika dibandingkan dengan jenis printer indoor. Bisa dilihat dari harga tinta solvent yang digunakan.

Harga tinta solvent dari printer outdoor ini mulai dari 660 ribu/galon yang berisi lima liter. Bandingkan dengan tinta eco solvent dari mesin digital printing indoor yang harganya 350 ribu/liter. Jadi dari sisi cost produksi memang lebih murah.

Baca juga: Mesin Digital Printing Xuli

Dahulu ada juga yang memiliki lebar area cetak mencapai 5 meter, namun sekarang sudah sangat sulit ditemui penjualnya. Karena memang harga jual yang jauh lebih tinggi, serta kurang efektif terhadap penggunaan bahannya sendiri.

Untuk printhead yang dipergunakan ada banyak pilihan, dan kemampuan hasil cetak serta kecepatannya berbeda, diantaranya:

  • Konica 512
  • Konica 512i
  • Konica 1024i
  • Polaris
  • Seiko
  • Ricoh
  • XAAR
  • DLL

Pada saat sekarang ini, yang paling banyak digunakan adalah printer dengan printhead Konica 512i. Kecepatan cetaknya bisa mencapai 125 m2/jam, dan yang lebih cepat lagi adalah Konica 1024i, kecepatannya bisa mencapai 240 m2/jam.

Harga Mesin Digital Printing Outdoor

Harga mesin digital printing outdoor bervariasi, tergantung dari merk dan printhead yang digunakan. Printer yang menggunakan printhead Konica 512i berada di kisaran 265 jutaan, yang menggunakan Konica 1024i berada di harga 400 jutaan.

Yang paling murah adalah printer solvent dengan printhead Konica 512, harga sekitar 170 jutaan. Namun tentu hasil cetak dan kecepatan print berbeda jauh, kecepatan cetaknya hanya mencapai 40 m2/jam.

Brand Xuli dan X2 memilki harga jual yang lebih murah di pasaran, terutama jika dilihat dari kemampuannya. Brand Xuli untuk printer solvent ini ada tipe X6-1000 yang menggunakan printhead Konica 512i. Dan untuk merk X2 ada tipe X2000 dengan printhead Konica 1024i.

Lebih jelasnya bisa baca: X2 Konica 1024i

Mesin Digital Printing X2 Konica 1024i

X2 Konica 1024i

Ada juga yang memiliki harga jual lebih dari 500 juta, tapi tentu dengan spesifikasi yang berbeda. Sampai saat ini sendiri, untuk printer Konica 512i dan 1024i yang menjadi favorite, karena harganya yang sesuai dengan kemampuannya..

Garansi dari printer ini biasanya selama satu tahun yang meliputi service dan spare parts, namun ada yang tidak termasuk garansi. Yang tidak digaransi adalah bagian yang dialiri oleh tinta, seperti contohnya adalah printhead.

Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, atau berminat untuk membeli mesin digital printing outdoor untuk cetak banner ini. Bisa menghubungi kami langsung melalui kontak yang tersedia.

  • Printer Solvent
5
error: Content is protected !!

Pin It on Pinterest

Share This