Select Page


PSDVN – Mesin digital printing merupakan printer yang digunakan pada bahan kain, tetapi yang dibahas ini bukan direct langsung pada bahan tersebut. Tetapi yang menggunakan metode transfer paper, yang hasil cetaknya jauh lebih baik.

Meskipun memerlukan dua kali proses kerja, dan memerlukan dua buah mesin, tetapi perbedaan hasilnya cukup jauh berbeda. Selain itu daya tahan mesinnya sendiri untuk ke depannya masih lebih aman yang menggunakan cara ini.

Itu sebabnya proses dengan menggunakan transfer paper ini lebih diminati, meskipun investasi mesinnya lebih tinggi. Produsen jersey yang paling banyak menggunakan jenis printer sublime ini, ada juga produsen handuk serta boneka dan tas.

Proses Kerja Mesin Digital Printing Sublimasi

Proses kerja mesin digital printing sublimasi dengan menggunakan metode ini ada beberapa tahap yang perlu dilakukan. Yang utama adalah tahap melakukan proses printing, lalu kemudian melakukan proses press bahan transfer paper pada kain.

Bahan transfer paper di print menggunakan printer ini, sama seperti melakukan print biasa. Setelah selesai, lalu bahan tersebut di press menggunakan mesin hotpress pada kain, dengan suhu tertentu pada mesin pressnya.

Mesin press yang dipergunakan adalah yang jenis roll flatbed, itu jika menggunakan printer sublime ukuran besar. Karena di sesuaikan dengan ukuran lebar dari transfe papernya, jadi bisa langsung di press tanpa harus dipotong terlebih dahulu.

Memang terlihat merepotkan dengan proses dua kali kerja ini, tetapi lebih aman juga untuk mesinnya. Karena mesin digital printing sublimasi yang print langsung pada kain tetap menggunakan pemanas. Dan uap panasnya ini yang berbahaya jika naik ke atas, dapat mengganggu kinerja mesinnya.

Biasanya posisi pemanas berada di bawah printer, dan jika uapnya naik dapat mengenai printheadnya tersebut. Selain itu, hasil print juga tidak terlalu maksimal, karena panas yang dihasilkan juga tidak maksimal.

Baca juga: Mesin Digital Printing Indoor Ecosolvent

Harga Mesin Digital Printing Sublimasi

Harga mesin digital printing sublimasi beragam, bisa berpengaruh dari merk dan printhead yang digunakan. Produk asal China seperti Xuli dengan printhead Epson DX5 berada di kisaran 105 jutaan. Itu untuk printer yang memiliki lebar area print 1,6 meter.

Sedangkan harga tinta sublime yang digunakan berada di kisaran 450 ribu/liter, dan itu untuk satu warna. Mesin press roll ukuran 1 meter harganya sekitar 100 jutaan, dan ukuran 1,5 meter berada di kisaran 195 jutaan.

Garansi printernya selama satu tahun yang meliputi service dan spare parts, namun ada yang tidak termasuk dalam garansi. Yang tidak termasuk dalam garansi adalah bagian yang dialiri oleh tinta, seperti contohnya adalah printhead.

Jika membutuhkan informasi lebih jelas, atau jika berminat dengan mesin digital printing sublimasi transfer paper ini. Bisa menghubungi kami langsung melalui kontak yang tersedia.

  • Printer Sublime
5
error: Content is protected !!

Pin It on Pinterest

Share This