Select Page


PSDVN – Mesin digital printing UV memiliki kemampuan yang paling baik dibandingkan dengan jenis printer besar lainnya. Dari segi hasil cetak maupun daya tahan hasil print lebih maksimal, printer dengan kemampuan tinggi.

Printer jenis ini biasanya sudah tersedia untuk tinta warna putih, jadi bisa print pada bahan berwarna gelap atau transparant. Bahkan ada juga yang sudah dilengkapi varnish, untuk memaksimalkan hasil cetaknya, dan menambah lebih bagus.

Ada dua jenis dari printer ini yang ada di pasaran, yaitu flatbed dan roll to roll. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri, serta jenis bahan yang dapat dikerjakan. Untuk penjelasan dari kedua jenis yang ada adalah sebagai berikut ini.

Mesin Digital Printing UV Roll

Jenis mesin digital printing UV roll dari segi fisik mirip dengan printer indoor, namun bisa dilihat adanya lampu uv yang terpasang. Dan untuk roll to roll ini juga tersedia dua tipe lagi, yang menggunakan single printhead dan double printhead.

Untuk yang menggunakan tinta putih adalah pada printer dengan double printhead, jadi satu printhead untuk white ink, dan satunya CMYK. Kebanyakan dari pengguna jenis roll to roll adalah untuk print pada wallpaper, bahan canvas, ataupun plastik mika.

Hasil print pada bahan wallpaper dan canvas jauh lebih baik jika dibandingkan dengan menggunakan mesin printing indoor. Dan daya tahan print juga lebih tahan lama, dengan warna cetak yang lebih “keluar”, jauh lebih bagus.

Baca juga: Mesin Digital Printing Indoor Ecosolvent

Kekurangannya dibandingkan dengan printer indoor adalah dari segi harga mesinnya dan harga jual tinta uv. Jauh lebih mahal, selisihnya bisa mencapai 50 jutaan, namun memang sesuai dengan kemampuan dari printer UV ini. Begitu juga dengan harga tinya yang mencapai 800 ribu untuk perliternya.

Mesin Digital Printing UV Flatbed

Mesin digital printing UV flatbed merupakan jenis printer dengan harga jual yang paling tinggi sekarang ini. Tetapi tentu harganya juga sesuai dengan kualitasnya, karena dapat melakukan print pada berbagai bahan yang tidak umum.

Beberapa bahan yang dapat di print antara lain:

  • Kaca
  • Acrylic
  • HPL
  • MDF
  • Kulit / Leather
  • Kayu
  • Kuningan
  • Bahan Metal
  • DLL

Untuk jenis printer UV flatbed ini ada yang sudah dilengkapi dengan varnish, selain juga tentunya dilengkapi tinta putih. Varnish berguna untuk proses akhir dari hasil cetak, agar jauh lebih tahan lama, dan lebih bagus dilihat.

Ketebalan bahan yang dapat di cetak bisa mencapai 10 cm, bahkan ada yang sampai 15 cm. Jadi print pada bahan akrilik tebal tetap dengan mudah dapat dikerjakan dengan hasil yang baik. Begitu juga untuk bahan dengan ukuran besar, karena ada yang memiliki area print hingga ukuran triplek.

Harga Mesin Digital Printing UV

Harga mesin digital printing uv bervariasi, tergantung dari ukuran serta dari tipenya. Sebagai contoh, untuk jenis roll ro roll single printhead berada di kisaran 180 jutaan. Dan untuk double printhead harganya sendiri berada di kisaran 250 jutaan

Kalau printer UV flatbed jauh lebih tinggi lagi, untuk yang memiliki bidang area kerja 160 x 100 cm harganya 400 jutaan. Sedangkan yang  seukuran triplek, atau 1,2 x 2,4 meter berada di kisaran 850 jutaan.

Garansi selama satu tahun yang meliputi service dan spare parts, namun ada yang tidak termasuk dalam garansi. Yang tidak termasuk dalam garansi adalah bagian yang dialiri oleh tinta, seperti contohnya adalah printhead.

Jika berminat atau ingin mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai mesin digital printing UV ini. Bisa menghubungi kami langsung melalui kontak yang tersedia.

  • Printer UV
5
error: Content is protected !!

Pin It on Pinterest

Share This