Select Page


PSDVN – Sebelum memulai pembahasan mengenai untung dan ruginya menggunakan mesin print dan cut, ada baiknya di jelaskan terlebih dahulu mengenai jenis mesin ini.

Ini adalah jenis mesin digital printing yang memiliki fitur cutting seperti halnya mesin cutting sticker, jadi ada dua kemampuan yang berbeda pada mesin yang sama.

Jadi selain dapat melakukan proses print atau cetak, juga dapat melakukan pemotongan terhadapt bahan hasil cetaknya tersebut, tanpa perlu berpindah mesin lagi.

Biasanya jenis mesin ini lebih banyak digunakan untuk memproduksi sticker, khususnya sticker printing pada bahan vinyl atau decal.

Untung Rugi Mesin Print Dan Cut

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan dengan menggunakan mesin print dan cut ini, apabila dibandingkan dengan menggunakan mesin yang terpisah.

Kelebihan dengan menggunakan mesin ini adalah tidak membutuhkan ruang yang luas, tentu saja karena memang cukup hanya membutuhkan satu buah mesin saja.

Kemudian tidak perlu repot untuk memindahkan bahan hasil cetaknya tadi, karena setelah melakukan proses print, bisa langsung di cutting, tentu dengan beberapa settingan terlebih dahulu sebelum di cetak.

Jadi tidak perlu membeli mesin cutting sticker untuk memotong bahan hasil cetaknya tersebut, karena memang sudah tidak di perlukan lagi.

Sedangkan untuk kerugiannya adalah tidak dapat melakukan proses kerja bersamaan, karena untuk melakukan proses cutting, harus menunggu proses cetak selesai terlebih dahulu.

Ini mungkin agak merepotkan jika sedang mengejar quantity yang cukup banyak, karena tidak dapat mengejar produksi lebih cepat.

Lalu kemudian masalah harga dari printernya tersebut, karena sejauh ini untuk mesin print dan cut memiliki harga jual yang cukup tinggi, karena tidak ada pilihan untuk menggunakan mesin cutting atau printer yang lebih murah.

Baca juga: Mesin Digital Printing Xuli

Mesin Print Dan Cut

Print And Cut

Print And Cut

Sampai saat ini, hanya brand asal Jepang saja yang memiliki jenis mesin print dan cut ini, belum ada brand asal China yang memproduksi jenis printer yang bisa memotong bahan langsung.

Sejauh ini juga lebih banyak yang menggunakan mesin terpisah, biasanya lebih memilih mesin digital printing dengan brand China karena harganya yang lebih murah.

Tetapi untuk mesin cutting stickernya lebih memilih untuk menggunakan brand asal Jepang, karena tingkat presisi hasil potongnya yang lebih baik.

Dan kalau total digabungkan untuk modal pembeliannya akan lebih murah, sebagai contoh untuk printer brand asal China dengan ukuran 1,6 meter berada di harga 105 jutaan.

Lalu mesin cutting sticker brand asal Jepang untuk ukuran 60 cm harganya antara 18 juta sampai dengan 23 jutaan, dan untuk yang memiliki ukuran 1,2 meter berada di harga 40 jutaan. Sedangkan yang memiliki ukuran 1,6 meter berada di harga 70 jutaan.

Masih lebih murah dibandingkan dengan printer yang bisa memotong langsung, untuk yang terpisah kalau di total untuk harga tertingginya sekitar 175 jutaan.

Sedangkan printer yang memiliki fitur cutting untuk harga jualnya sudah lebih dari 230 jutaan untuk yang memiliki ukuran 1,6 meter, tentu selisih harga yang cukup jauh berbeda.

Sekian untuk artikel mengenai mesin print dan cut ini, semoga dapat membantu dan memberikan tambahan pengetahuan.

  • Print And Cut
5
error: Content is protected !!

Pin It on Pinterest

Share This