PSDVN – Mesin printing sticker pada bahan vinyl atau sejenisnya akan lebih bagus menggunakan jenis printer indoor ecosolvent. Selain karena memang lebih sesuai dengan menggunakan printer tersebut, juga karena hasilnya lebih memuaskan.

Bahan sticker vinyl tidak dapat di cetak menggunakan printer biasa, apalagi menggunakan printer desktop. Meskipun ada yang coba “mengakali” dengan mengganti tintanya seperti dengan tinta artpaper, tetapi hasilnya tetap akan berbeda.

Ditambah lagi mengingat ukuran dari bahan tersebut yang cukup besar, tentu akan lebih sesuai menggunakan printer indoor ecosolvent. Rata-rata lebar bahan untuk 1 roll sendiri ada yang 1,27 meter dan 1,52 meter.

Mesin Printing Sticker Ecosolvent

Hasil cetak printer ecosolvent lebih halus dan lebih jelas, daya tahannya juga tergolong lebih baik. Digunakan sebagai mesin printing sticker sudah umum dilakukan, bahkan mayoritas penggunanya lebih banyak untuk cetak sticker.

Sticker vinyl atau decal berbagai macam merk bisa dengan mudah di cetak dengan printer jenis ini. Meskipun banyak juga yang menggunakan untuk print pada bahan albatros dan luster untuk pembuatan x-banner dan sejenisnya.

Print And Cut

Print And Cut

Biasanya juga untuk memperkuat daya tahan hasil cetaknya dilakukan laminasi lagi, agar jauh lebih tahan lama. Terutama untuk yang ingin melakukan stripping atau branding pada kendaraan, meskipun ada juga yang tidak dilaminasi lagi.

Kalau yang ingin di print adalah sticker kertas seperti untuk label, itu baru bisa menggunakan printer desktop biasa. Karena tekstur dari bahannya yang dapat menyerap tinta, berbeda dengan sticker vinyl dengan permukaan yang lebih licin.

Baca juga: Jual Bahan Digital Printing

Mesin Printing Sticker Desktop

Seperti sudah dituliskan diatas, untuk mesin printing sticker pada bahan kertas seperti label, bisa menggunakan printer desktop. Karena memang sesuai dengan tekstur bahannya, jadi tidak perlu dilakukan treatment lagi.

Namun hasilnya jelas berbeda, karena akan mudah luntur jika terkena air, dan akan lebih mudah rusak. Hasil print bisa lebih tahan lama jika menggunakan jenis tinta pigment, lebih baik ketimbang menggunakan jenis dye ink.

Mesin Printing Sticker

Print bahan sticker vinyl

Namun jika ingin lebih tahan lama, maka harus dilaminasi, untuk mencegah lunturnya tinta, tetapi tentu saja akan menambah biaya produksi. Printer jenis ini lebih banyak digunakan untuk pembuatan stticker label atau tag.

Mesin Printing Sticker UV

Jenis mesin digital printing UV dikenal memiliki kualitas hasil cetak yang paling baik, juga termasuk untuk daya tahan hasil print yang tergolong lebih lama. Namun ada kelemahan yang dimiliki oleh jenis printer ini, yaitu soal harga dan cost produksi.

Lihat juga: Jasa Print UV

Printer UV memang memiiliki harga jual yang jauh lebih tinggi, termasuk juga untuk harga tinta UV yang digunakan. Dengan tingginya harga tintanya ini, maka otomatis berpengaruh juga terhadap cost produksi yang lebihh tinggi.

Jarang yang menggunakan mesin ini jika hanya untuk digunakan print sticker saja, karena kemampuannya yang bisa digunakan untuk cetak pada berbagai jenis bahan lainnya.

Demikian informasi mengenai beberapa mesin printing sticker yang dapat digunakan, semoga embantu dan menambah wawasan.

  • Printer Sticker
5
error: Content is protected !!

Pin It on Pinterest

Share This
WhatsApp us