Select Page


PSDVN – Pada jenis mesin digital printing outdoor, ada beberapa macam jenis printhead yang dipergunakan. Dua jenis printhead yang banyak dipilih pada saat ini untuk printer outdoor adalah Konica 512i dan 1024i.

Kedua jenis printhead ini dikenal memiliki kecepatan cetak yang baik, sedangkan untuk hasil print tergantung dari PL (Pico Liter) nya. Keduanya merupakan yang paling banyak digunakan, terutama bagi yang mengejar kecepatan produksi.

Dan juga yang menjadi pilihan dari kedua jenis printhead ini adalah 30 pl karena hasil print yang cukup bagus. Meskipun untuk 1204i juga tersedia 14 pl, namun untuk pilihan yang banyak digunakan adalah 30 pl.

Printhead Konica 512i atau 1024i?

Untuk memilih antara printhead Konica 512i atau 1024i yang sesuai dengan kebutuhan, perlu dilihat dulu kapasitas produksi yang akan dikerjakan. Karena kecepatan cetak diantara keduanya cukup jauh berbeda, bisa mencapai 2x perbedaan kecepatannya.

Selain itu dari segi harga jual yang memiliki selisih jauh berbeda, dimana printer outdoor dengan printhead Konica 1024i lebih mahal. Karena memang untuk kecepatannya sendiri juga jauh lebih baik dibandingkan dengan 512i.

Mesin digital printing yang menggunakan printhead Konica 512i untuk kecepatan cetaknya bisa mencapai 120 m2/jam. Sedangkan untuk yang menggunakan printhead Konica 1024i bisa mencapai 240 m2/jam.

Mesin Digital Printing X2 Printhead Konica 1024i

X2 Konica 1024i

Kalau pekerjaan cetak masih tidak terlalu banyak dan tidak mengejar waktu produksi, maka sebaiknya menggunakan yang konica 512i. Berbeda jika memang membutuhkan kapasitas produksi dalam jumlah yang lebih banyak.

Dari segi fisik mesin juga akan berbeda, karena dengan kecepatan yang tinggi, maka membutuhkan fisik mesin yang kokoh. Sehingga lebih stabil dalam melakukan proses printing, untuk mengimbangi kemampuan print dari printer tersebut.

Baca juga: Tips Merawat Mesin Digital Printing

Untuk jasa digital printing dengan kapasitas yang tidak terlalu besar, memang tidak terlalu disarankan menggunakan printhead Konica 1024i. Mengingat juga dari segi harganya yang cukup tinggi, namun untuk harga tinta solvent yang digunakan sama harganya.

Proses perawatan dari keduanya tidak terlalu sulit, nantinya akan ditraining untuk perawatan dan penggunaan oleh teknisi.

Printhead Konica 512i atau 1024i?

Untuk segi harga jualnya, printer solvent dengan printhead Konica 512i mencapai 260 jutaan, dengan lebar area print 3,2 meter. Sedangkan untuk mesin printing printhead Konica 1024i mencapai 400 jutaan, lebar area print sama 3,2 meter.

Sebagai informasi, jenis large format printer ini banyak digunakan sebagai mesin cetak banner pada bahan flexi. Tetapi tetap dapat dipergunakan juga untuk print pada bahan lainnya, seperti contohnya adalah pada bahan sticker.

Mesin Digital Printing Outdoor Xuli X6-1000 Printhead Konica 512i

Printer Outdoor Printhead Konica 512i

Yang terpenting ketika ingin membeli mesin ini, agar melihat demonya secara langsung terlebih dahulu. Akan lebih baik jika melihatnya pada pengguna dari printer yang dimaksud, sehingga bisa terlihat jelas pada saat digunakan produksi.

Demikian informasi ini, semoga dapat membantu untuk yang memilih antara printhead Konica 512i atau 1024i. Jika ada pertanyaan, bisa mengisi kolom komentar dibawah ini.

  • Printhead Konica
5
error: Content is protected !!

Pin It on Pinterest

Share This