Select Page


PSDVN – Ketika akan memilih mesin digital printing untuk memulai usaha, akan ada pertimbangan antara membeli printer outdoor atau indoor? Terlebih lagi kedua jenis ini merupakan yang paling banyak dipergunakan pada bidang digital print.

Yang perlu diketahui adalah keduanya memiliki spesifikasi serta kemampuan yang berbeda, dari hasil cetak maupun kinerjanya. Cost produksi dari kedua jenis printer tersebut juga berbeda, sehingga memang perlu diperhitungkan dengan baik pada saat memilih.

Untuk itu, akan coba dijelaskan mana yang sebaiknya dipilih untuk digunakan bagi pemula yang baru akan membeli mesin digital printing.

Memilih Printer Outdoor Atau Indoor?

Ketika baru akan membeli dan memilih printer outdoor atau indoor, sebaiknya tentukan terlebih dahulu tujuan penggunaannya. Apakah akan digunakan untuk cetak banner pada bahan flexi, atau akan digunakan untuk print pada bahan sticker.

Memang pada kedua jenis bahan tersebut tetap dapat di print dengan jenis printer diatas, namun akan berbeda pada hasil cetaknya. Jenis mesin digital printing indoor ecosolvent, hasilnya lebih bagus jika dipergunakan untuk print pada bahan sticker.

Printer Outdoor

Xuli X6-1000

Sedangkan jenis printer outdoor solvent, akan lebih tepat jika dipergunakan untuk cetak banner pada bahan flexi. Jadi kelebihan dari setiap jenis printer tersebut memang berbeda, meskipun tetap dapat mempergunakan melakukan proses print.

Selain itu juga, jika memang pekerjaan akan lebih banyak untuk cetak banner, maka ukuran dari jenis printer outdoor yang lebih sesuai. Karena lebar area print dari printer outdoor ini sendiri mencapai 3,2 meter dan mampu menahan beban bahan flexi 1 roll.

Kelemahan dari mesin digital printing ini dibandingkan dengan indoor adalah harganya yang jauh lebih tinggi. Namun memang sesuai dengan kemampuan serta ukuran lebar area cetaknya itu sendiri.

Kalau untuk jenis printer indoor lebih bagus digunakan untuk print pada bahan yang hasilnya dilihat dari jarak pandang lebih dekat. Seperti contohnya adalah untuk print pada bahan sticker, albatros dan luster untuk x-banner, canvas, dll.

Hasil cetaknya lebih jelas dan halus, harga jual jasanya juga masih lebih baik jika dengan menggunakan mesin digital printing outdoor. Meskipun dari sisi cost produksi sedikit lebih mahal, karena harga tinta ecosolvent yang memang sedikit lebih mahal.

Untuk kecepatan cetaknya juga tidak sebagus dari printer outdoor, rata-rata kecepatan cetak printer ini antara 12 – 14 m2/jam. Namun seperti yang ditulis sebelumnya, untuk hasil print masih jauh lebih bagus lagi, dengan warna yang lebih keluar.

Printer Outdoor Atau Indoor

Jadi, jika ingin membeli jenis large format printer ini, ada baiknya disesuaikan dengan kebutuhan cetak serta pasar yang akan dituju. Jika akan lebih banyak untuk digunakan sebagai mesin cetak banner, maka sebaiknya memilih menggunakan printer outdoor.

Namun jika pangsa pasar lebih ke bahan sticker atau sejenisnya, maka sebaiknya menggunakan printer indoor ecosolvent. Kalau pada jasa digital printing biasanya sudah memiliki kedua jenis printer ini, namun mayoritas memang lebih banyak printer outdoor.

Demikian informasi ini, semoga dapat membantu untuk yang sedang memilih antara printer outdoor atau indoor.

  • Printer Outdoor Atau Indoor
5
error: Content is protected !!

Pin It on Pinterest

Share This